Kuliah SUNI S-1 Reguler

Program pendidikan formal S-1 dari Safwa Ulum Nafiah Islamiyah (SUNI) yang menginduk ke kampus yang telah terdaftar resmi di PDDikti dan terakreditasi B oleh BAN-PT. Dibuka 3 pilihan program Studi: Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Ahwal Syakhsiyyah.

Tentang Program

Didirikan sejak tahun 2021, Program Kuliah SUNI S1 hadir untuk menjawab kebutuhan kaum muslimin secara umum dan para da’i secara khusus terhadap pendidikan islam formal untuk jenjang S-1 yang bisa dilaksanakan secara hybrid/jarak jauh, mudah dan tidak mengganggu aktifitas pekerjaan, namun tetap mendapatkan ijazah resmi yang diakui oleh negara yang bisa digunakan untuk keperluan administrasi pekerjaan dan/atau keperluan administrasi pendidikan tingkat lanjut.

SUNI pun menjalin kerjasama dengan Kampus pengindukan yang telah resmi terdaftar di PDDikti dan terakreditasi di BAN-PT sehingga para peserta yang telah menyelesaikan pendidikannya di SUNI akan mendapatkan ijazah resmi yang diakui negara.

Keunggulan Program

  • Kuliah dengan sistem e-learning
  • Biaya pendidikan yang terjangkau
  • Kampus Induk dan Prodi telah terakreditasi oleh BAN-PT
  • Terdaftar resmi di PDDikti
  • Kurikulum standar nasional
  • Pengajar merupakan lulusan universitas Timur Tengah dan kampus ternama Indonesia
  • Tanpa batasan usia maksimal

Sistem Belajar

Mahasiswa/i Safwa Ulum Nafiah Islamiyah (SUNI) akan menempuh pendidikan selama 8 Semester (4  tahun). Sedangkan mahasiswa transfer akan menempuh pendidikan sesuai tahun terakhir di kampus sebelumnya.

Satu semester perkuliahan sama dengan 6 bulan sudah termasuk pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

 

Bahasa pengantar perkuliahan menggunakan Bahasa Indonesia.

Kegiatan Belajar Mengajar di Safwa Ulum Nafiah Islamiyah (SUNI) berlangsung sebanyak 5 (lima) pertemuan di dalam satu bulannya dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pengurus.

Safwa Ulum Nafiah Islamiyah (SUNI) tidak menggunakan sistem presensi. Mahasiswa/i diperkenankan untuk hadir di setiap kelas yang ada apabila tidak berhalangan hadir. Bagi yang masih berhalangan untuk hadir diperbolehkan untuk hanya menyimak materi perkuliahan melalui rekaman yang disediakan.

Safwa Ulum Nafiah Islamiyah (SUNI) tidak membebani mahasiswa/i dengan tugas dalam bentuk apapun. Mahasiswa/i hanya diwajibkan untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) sesuai jadwal yang ada.

Zoom Meeting, Google Meet, Grup Whatsapp, Google Drive, Google Form, E-Mail.

Peserta bisa melaksanakan KKN di daerah masing-masing, namun tetap membuat laporan kegiatan dan akan dibimbing secara online

Wisuda akan dilaksanakan setelah seluruh proses perkuliahan diselesaikan oleh mahasiswa/i di Kampus Induk yang berada di Jakarta. Bagi para mahasiswa/i yang tidak berhalangan, diharapkan untuk dapat menghadiri acara wisuda ini. Apabila mahasiswa/i berhalangan untuk hadir di hari wisuda maka, diperbolehkan untuk tidak hadir atau menghadirinya secara online.

Ijazah Safwa Ulum Nafiah Islamiyah (SUNI) resmi dikeluarkan oleh Kampus Pengindukan. Ijazah ini resmi diakui negara dan dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya ataupun untuk pekerjaan.

Ijazah akan diberikan setelah mahasiswa/i menyelesaikan pembelajarannya selama 8 semester atau 4 tahun.

Pilihan Program Studi

  • Gelar Akademik

Mahasiswa/i pada program studi Pendidikan Agama Islam yang telah menyelesaikan perkuliahan akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd).

  • Kompetensi Praktis

Keterampilan yang terkait dengan ilmu kependidikan, terutama yang terkait dengan kebutuhan untuk memasuki dunia kerja, sebagai intelektual (Guru, Dosen, Peneliti, Pakar Pendidikan), ataupun praktisi Pendidikan Agama Islam (Guru Agama Islam, Trainer, dan Konsultan Agama).

  • Akreditasi: Baik Sekali

 

  • Kurikulum

Semester 1: Tauhid, Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengantar Ilmu Pendidikan, Fiqh, Akhlak Tasauf, Ulumul Hadis, Tahsin Al-Qur’an, Bahasa Arab  

Semester 2: Metodologi Studi Islam, Praktikum Tahsin Al-Qur’an, Sejarah Pendidikan Islam, Ilmu Pendidikan Islam, Psikologi Perkembangan, Sosiologi Pendidikan, Filsafat Ilmu, Administrasi Pendidikan, Bahasa Inggris Pendidikan, Bahasa Arab Pendidikan 

Semester 3: Ulumul Qur’an, Sejarah Peradaban Islam, PPL I (Praktikum Observasi Fisik dan Administrasi Pembelajaran), Al-Qur’an Hadits Pada Madrasah, SKI Pada Madrasah, Fiqh Pada Madrasah, Akidah Akhlak Pada Madrasah, Bahasa Arab Pada Madrasah, Ilmu Komputer, Ushul Fiqh

Semester 4: Tafsir Tarbawi, Hadis Tarbawi, Micro Teaching, Filsafat Pendidikan Islam, Profesi Keguruan, Teknologi dan Media Pembelajaran PAI, Metode Penelitian Kualitatif, Teori Belajar dan Pembelajaran, Tafsir Al-Ahkam, Strategi Pembelajaran PAI 

Semester 5: Dasar-Dasar Statistik, Metopel Kuantitatif, Fiqih Munakahat, Teknik Evaluasi Pendidikan, PPL II (Praktek Mengajar di Sekolah/Madrasah), Telaah Kurikulum PAI, Kapita Selekta Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Manajemen Organisasi, Psikologi Pendidikan

Semester 6: Statistik Pendidikan, Bimbingan dan Konseling Islam, Supervisi Pendidikan Islam, Kewirausahaan, Pendidikan Islam Non Formal, Penulisan Karya Ilmiah, Inovasi Pendidikan, Desain Ekstrakurikuler PAI, Perencanaan Sistem  Pembelajaran PAI, Ilmu Retorika

Semester 7: Perbandingan Pendidikan, Kebijakan Pendidikan Islam, Materi PAI di Sekolah, Fikih Kontemporer, Hukum Zakat Dan Wakaf, Fikih Muamalah, KKN, Skripsi 

  • Gelar Akademik

Mahasiswa/i pada program studi Hukum Ekonomi Syariah yang telah menyelesaikan perkuliahan akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Hukum (S.H).

  • Kompetensi Praktis

Keterampilan yang terkait dengan praktik ilmu-ilmu hukum ekonomi syariah/Islam, terutama untuk memasuki dunia kerja, sebagai Intelektual (Dosen, Peneliti, Pakar Hukum Ekonomi Syariah), ataupun praktisi Hukum (Hakim, Panitera, Pengacara dan Konsultan Hukum Ekonomi Islam).

  • Akreditasi: Baik

 

  • Kurikulum

Semester 1: Pancasila dan Kewarganegaraan, Fiqh, Bahasa Indonesia, PIH/PIHI I, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Akhlak Tasawuf, Tauhid, Ulumul Hadits. Ulumul Qur’an.

Semester 2: Filsafat Ilmu, PIH/PIHI II, Fiqh Mawaris, Fiqh Mumalah (Ekonomi Syariah), Ushul Fiqh, Kewirausahaan, Fiqh Munakahat, Ilmu Komputer, Bahasa Arab Hukum Ekonomi Syariah, Bahasa Inggris II.

Semester 3: Sejarah Peradaban Islam, Hukum Perdata, Hukum Dagang, Fiqh Muamalah (Bisnis Islam), Ushul Fiqh (Metodologi Penemuan HES), Pengantar Ilmu Ekonomi, Hukum Pidana, Sosiologi Hukum, Tafsir Ahkam, Hadis Hukum Ekonomi

Semester 4: Manajemen Organisasi, Statistik, Fiqh Mumalah Kontemporer, Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Perdagangan Internasional, Hukum Perikatan, Hukum Peradilan Agama di Indonesia.

Semester 5: Hukum Perbankan, Hukum Agraria, Hukum Asuransi, Hukum Kontrak Bisnis, Metodologi Penelitian, Hukum Acara Pengadilan Agama, Hukum Perusahaan dan Kepailitan, Ekonomi Makro dan Mikro, Hukum Investasi dan Pasar Modal, Magang/Praktek Peradilan (PA/PN).

Semester 6: Metodologi Penelitian Muamalah, Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Perlindungan Konsumen, Hukum Pajak, Hukum Zakat dan Wakaf, Metodologi Studi Islam, Bank dan LKNB Syariah, Fatwa Fatwa Ekonomi Syariah, Filsafat Hukum Islam, Hukum Perbankan Syariah.

Semester 7: HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), Hukum Transaksi Keuangan, Keadvokatan, Tindak Pidana Ekonomi, Cyber Crime, Etika Profesi Hukum, Hukum Persaingan Usaha, KKN, Skripsi.

  • Gelar Akademik

Mahasiswa/i pada program studi Ahwal Syakhsiyah yang telah menyelesaikan perkuliahan akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Hukum (S.H).

  • Kompetensi Praktis

Keterampilan yang terkait dengan praktik ilmu-ilmu syariah dan hukum Islam, terutama untuk memasuki dunia kerja, sebagai Intelektual (Dosen, Peneliti, Pakar, Hukum), ataupun praktisi Hukum (Hakim, Panitera, Pengacara dan Konsultan Hukum).

  • Akreditasi: B

 

  • Kurikulum

Semester 1: Pancasila dan Kewarganegaraan, B. Indonesia, B. Arab, Sejarah Peradaban Islam, Tauhid, Ushul Fiqh, Ilmu Komputer, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadis, Manajemen Organisasi.

Semester 2: B. Inggris, Fiqh, Fiqh Munakahat, Fiqh Mawaris, Ilmu Hukum, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Akhlak Tasawuf, Qawaid Fiqh, Metodologi Studi Islam.

Semester 3: Tafsir HKI, HPI, Filsafat Ilmu, Sistem Pradilan di Indonesia, Ilmu Falak I, Fiqh Jinayah, Fiqh Siyasah, Kewirausahaan, Studi Naskah Fiqh I, Metode Penelitian.

Semester 4: Peradilan Agama di Indonesia, Etika Profesi Hukum, Hadis HKI, Fiqh Mawaris II, Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Pidana, Hukum Perikatan, Filsafat Hukum, Hukum Ekonomi Syariah, Studi Naskah Fiqh II.

Semester 5: H. Acara Per. Agama, Ilmu Falak II, HPI II, Metode Penelitian HKI, H. Tata Negara, Fiqh Kontemporer HKI, Hukum Agraria, Arbitrase, Keadvokatan, Sosiologi Hukum

Semester 6: Legal Drafting, Muqaranah Mazahib Fil Munakahat, Sosiologi Hukum Keluarga, Administrasi Pengadilan Agama, Qawaid Fiqhiyah Fil Munakahat, H. Internasional, Ilmu Mantik HKI, Manajemen Wakaf dan Zakat di Indonesia, Studi Naskah Fiqh III, Filsafat HKI

Semester 7: Psikologi Keluarga, Mediasi HKI, Hukum Adat, Administrasi KUA, Peradilan di Negara-negara Muslim, Hukum Perlindungan Anak dan Perempuan, KKN, Skripsi

Biaya Pendidikan

Berkas Persyaratan

  • Kartu Tanda Pengenal (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah SMA/SMK/MA/Paket C
  • Transkip Nilai dari kampus sebelumnya, untuk mahasiswa pindahan