10 Pertanyaan Tentang KUSA

1. Apa itu KUSA?
KUSA adalah singkatan dari bahasa Arab, yaitu dari:
كُلِّيَةُ الْعُلُوْمِ الشَّرِيْعَةِ وَالْعَرَبِيَّةِ
Dan KUSA merupakan sebuah program yang diberikan oleh Jamiah Safwa Mesir yang berfokus pada pembelajaran ilmu-ilmu syari’ah dan bahasa Arab sesuai dengan manhaj salaf Ahlussunnah wal Jama’ah. Dan KUSA ini tidak condong kepada kelompok, jamaah, ataupun Organisasi tertentu.

2. Kapan KUSA didirikan?
KUSA merupakan salah satu program dari Jamiah Safwa Mesir yang didirikan pada tahun 2019, yang mana untuk KUSA ini sekarang telah memasuki angkatan ke-6 dan telah meluluskan satu angkatan (yaitu angkatan tahun 2019).

3. Bagaimana sistem belajar di KUSA?
Di sini akhmin akan menyebutkan 5 sistem belajar di KUSA ini:

  1. Pembelajaran di KUSA akan dilaksanakan selama 4 tahun, dengan 2 semester setiap tahunnya.
  2. Materi pelajaran akan dikirimkan dalam bentuk audio atau link video youtube di kanal Telegram khusus perkuliahan dengan mengikuti jadwal kuliah yang akan ditentukan.
  3. Setiap rekaman atau video akan disediakan transkrip materi dalam bentuk PDF atau word yang akan dikirim bersama rekaman atau link video tersebut.
  4. Mahasiswa bebas menyimak materi ini kapanpun, tidak terikat dengan waktu, serta tidak ada absen kehadiran dan tugas makalah.
  5. Mahasiswa dikatakan aktif ketika dia telah mengerjakan 2 ujian setiap tahunnya, apabila tidak mengerjakan 2 ujian tersebut, maka mahasiswa itu akan dimerahkan namanya, dan mendaftar ulang di tahun berikutnya.

4. Siapa sajakah para pengajar di KUSA?
Di antara para dosen/ustadz pengajar KUSA adalah Syaikh Dr. Wahid bin Abdissalam Baly, Syaikh Dr. Khalid Al-Juhaniy, Syaikh Dr. Nur Sya’lan, Syaikh Dr. Aiman Musa, Syaikh Dr. Ali Namr, Syaikh Dr. Musthofa Afifi & Syaikh Dr. Anas Wahid Hafidzohumullahu Ajma’in.

5. Apa saja mata kuliah yang dipelajari di KUSA?
Mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa selama 4 tahun adalah:

  • Tahun pertama: Aqidah, Hadits, Musthalah Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Nahwu, Tajwid, dan Adab.
  • Tahun kedua: Aqidah, Tarikh Tasyri’, Tarbiyah, Fiqih 4 Madzhab, Tafsir, Balaghah, Sharaf, Ulumul Quran, dan Siroh.
  • Tahun ketiga: Aqidah, Tabiyah, Fiqih 4 madzhab, Fiqih Umum, Musthalah Hadits, Qowaid Fiqhiyah, Tafsir, Tajwid, Ushul Fiqih, Firoq, Tarikh Khulafa Rasyidin, Tarikh Bani Umayyah, Praktek Nahwu, dan Imla’.
  • Tahun keempat: Aqidah, Tabiyah, Fiqih Kontemporer, Adab Arab, Pemikiran Kontemporer, Sastra Arab, Metode penelitian ilmiah, Tarikh Daulah Abbasiyah dan Andalusia.

6. Apa bahasa pengantar untuk belajar di KUSA?
Bahasa pengantar & Bahasa untuk belajar di KUSA menggunakan 100% bahasa Arab, untuk terjemah atau yang lainnya kami masih belum menyediakannya.

7. Apakah jika telah menyelesaikan perkuliahan di KUSA akan mendapatkan Ijazah? Dan apakah ijazah tersebut resmi?
Bagi Mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan di KUSA maka akan mendapatkan ijazah setara License (Lc) dari Jamiah Safwa, namun hingga saat ini KUSA masih belum diakui secara hukum/resmi di negara Mesir, sehingga ijazah ini belum bisa digunakan untuk meneruskan pendidikan ke kampus lain atau digunakan untuk melanjutkan jenjang berikutnya.

8. Apa saja akun media sosial KUSA?
Facebook: fb.me/FOSAAS2
YouTube: www.youtube.com/@fosaas2
Telegram: t.me/FOSAAS2
Instagram: instagram.com/fosaas2
Twitter/X: twitter.com/fosaas2

9. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk kuliah di KUSA?
Untuk menjalani perkuliahan dengan lancer dan maksimal, mahasiswa harus mempersiapkan bekal bahasa Arab yang memumpuni dalam mendengar, menulis dan membaca & Pengetahuan tentang Aplikasi Telegram & Web Browser

10. Apakah KUSA di tahun ini membuka pendaftaran?
Ya, dibuka pendaftaran sampai tanggal: 29 Dzul Qa’dah 1445H/6 Juni 2024, untuk link pendaftarannya: http://bit.ly/KUSA-1446