Berilmu Tanpa Guru

Sobat SUNI yang dimuliakan Allah, banyak orang yang bersemangat untuk mencari ilmu. Saking semangatnya, mereka lupa poin penting dalam belajar, yaitu harus memiliki guru dalam memulai perjalanan mencari ilmu.

Banyak kita jumpa pada zaman sekarang orang menyibukkan diri dengan ilmu “katanya” mereka memulai perjalanan belajarnya dengan membaca berbagai buku secara mandiri tanpa guru yang mendampingi dengan harapan mendapat ilmu yang bermanfaat. Padahal, Sobat SUNI yang dimuliakan Allah, ini adalah kesalahan fatal dalam mencari ilmu.

Coba perhatikan apa yang disampaikan oleh As Sakhowi dalam Al Jauhar wa Ad Durar,

من دخل في العلم وحده؛ خرج وحده

“Barangsiapa memasuki ilmu sendirian, maka dia akan keluar sendirian.”

Syaikh Bakr Abu Zaid menjelaskan, barangsiapa mencari ilmu tanpa guru maka dia akan keluar tanpa memiliki ilmu, karena ilmu adalah produk dan setiap produk pasti membutuhkan pembuatnya, maka untuk mendapatkan ilmu seseorang harus memiliki pengajar terampil untuk mengajarkan ilmu kepadanya.

Nah, Sobat SUNI yang dimuliakan Allah, jangan tertipu dengan banyaknya buku yang dibaca. Belajar bersama guru jauh lebih baik daripada banyak kitab dibaca sendirian. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita semua untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Baarakallahu Fiikum.

 

Sumber: Hilyatu Thalibil Ilmi, Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid, hal 31

Ditulis oleh: Ustadz Andika Faisal Lubis, Lc., M.Pd.